Thursday, February 8, 2018

Tips Cerdas Menghemat Pengeluaran Bulanan Untuk Anak Kost

Anak kost adalah seorang yang hidup mandiri, tinggal jauh dari keluarga serta belajar mengelola sesuatu yang dimiliki. Contohnya saja uang saku pemberian dari orang tua ataupun gaji hasil bekerja. 

Umumnya, anak kost "merdeka" ditanggal muda, dan ngos-ngosan ditanggal tua. Tetapi, jika bisa menghemat dan mengelola dengan baik maka sobat vio bisa menggunakan uang dengan bijak baik itu tanggal muda atau tua.

Lalu bagaimana cara menghemat pengeluaran bulanan? Begini caranya!

1. Menabung


Pada saat pertama kali menerima uang, baik itu pemberian orang tua atau gaji sebaiknya uang tersebut kita sisihkan sekitar 10-20%. Menabung diawal bulan bukan sebaliknya karena pada umumnya kita akan menggunakan uang jika masih terlihat banyak. Uang hasil tabungan bisa kita gunakan nanti jika sedang sakit ataupun keperluan alternatif lainnya. Dengan begini, sobat tidak perlu khawatir jika ada keperluan diluar perkiraan.

2. Pisahkan Uang Sesuai Kebutuhan


Ketika menerima uang kita sangat senang bukan, tentu terpikir untuk membeli sesuatu. Eitss, tunggu dulu, sobat harus membagi uang tersebut sesuai kebutuhan. Misalnya, membeli perlengkapan toiletry seperti pasta gigi, sabun, shampoo, parfum dan detergen. Karena, barang ini umumnya bertahan hanya sebulan.

3. Mencatat Setiap Pengeluaran


Mencatat apapun yang sobat beli, mulai dari harga seribu hingga ratusan. Kenapa mencatat? Karena, dengan mencatat kita akan tahu harga dari barang yang di beli. Jika sewaktu-waktu barang tersebut harganya berubah, sobat bisa tidak membeli barang tersebut dan meminimalisir "uang jogging" (Tidak tahu uang berkurang karena membeli). Jika malas mencatat, sobat bisa mengunduh aplikasi produktivitas seperti monefy.

4. Memulai Usaha Sendiri


Ada banyak model usaha yang bisa dilakukan anak kost. Bisa menggunakan smartphone/ laptop sebagai media berjualan online atau menyewa tempat untuk membangun usaha. Sobat vio bisa juga bekerja part-time sesuai minat, seperti menjadi pengajar les, freelance, barista dan profesi yang sobat minati.

5. Jangan Gengsi


Waktu kuliah dulu, beta sering melihat anak kuliahan yang berpenampilan "full merk" demi menjaga penampilan diantara mahasiswa lainnya. Sebaiknya, sobat tidak perlu mengeluarkan uang berlebih untuk membeli barang bermerk dan lebih mempertimbangkan barang dengan harga terjangkau. Untuk mahasiswa yang berkuliah di malang, sobat bisa mengunjungi toko pakaian Trend yang terletak di pasar besar.